#7DayChallenge – Day 1

Setelah sekian lama, akhirnya aku kembali menulis di blog ini. Yeay!

Pada tulisan kali ini, aku akan membahas mengenai #7DayChallenge yang mulai kujalani hari ini. Aku menantang diriku untuk tidak membuka media sosial khususnya youtube, facebook, twitter, instagram, line, dan whatsapp (kecuali untuk private chat). Kenapa? Karena aku merasa sudah masuk dalam tahap kecanduan dengan media sosial. Dan ini sangat mengganggu tingkat produktivitas apalagi sekarang aku berada dalam masa mengerjakan skripsi *cry. Jadi, selama tujuh hari dimulai dari hari ini aku akan berbagi apa saja yang terjadi denganku terkait tantangan ini.

Hari pertama menjalani tantangan ini alhamdulillah aku bisa melewatinyaa. Yeah!

Kebetulan, ini bisa lebih mudah aku jalani karena sebelumnya aku udah uninstall beberapa aplikasi seperti instagram dan line. Jadi itu bisa mencegah aku buat buka media sosial. Kecuali aku niat banget buat install lagi.

Sulit dan lucunya di hari pertama ini, ternyata aku sangat reflek untuk pegang hape dan langsung buka menu. Setiap buka menu baru sadar “ngapain aku buka hape? Kan lagi jalanin challange”. Habis itu tutup hape lagi. Gitu terus dari tiap bangun tidur, tiap ke kamar, tiap bingung mau ngapain juga begitu. Dari situ aku menyadari bahwa membuka media sosial sudah menjadi kebiasaan dalam hidup orang-orang seperti aku. Padahal juga kita cuma scrolling gak jelas gitu doang. Apalagi pegang hape tuh udah berasa kayak lagi napas *lebay. Saking refleknya dan menjadi kebiasaan, pegang hape terasa lebih dibutuhkan daripada makan yang dilakuin nunggu lapar dulu.

Untuk hari pertama ini aku mendapatkan beberapa hal positif tentu saja yang bisa aku rasakan. Yang paling penting, aku bisa berpikir lebih jernih terhadap apa yang akan aku lakukan hari ini, apa yang aku lakukan sekarang, dan bisa lebih fokus dalam mengerjakannya. Aku jadi bisa menyelesaikan hal-hal yang tertunda karena sebelumnya habis waktu keasyikan nonton youtube. Aku juga punya waktu untuk memerhatikan diri sendiri sesederhana makan yang teratur sesuai jamnya dan maskeran. Hehe. Aku jadi tidak terlalu malas untuk bergerak dan yang lebih menyenangkan lagi aku jadi bisa ngobrol lebih akrab dengan adik dan teman satu rumah. Oya, aku juga melakukan hal yang baru seperti mendengarkan podcast. Dan menyesal pada akhirnya, kenapa aku gak ngelakuin ini dari dulu. Kan lumayan buat nambah pengetahuan baru sekaligus melatih listening bahasa inggris. Bisa lebih fokus juga dengan materinya dibanding akses lewat youtube, karena bisa teralihkan dengan video yang lain dan komentar di bawahnya. 

Meskipun tantangan yang aku jalani hari pertama ini belum membuat aku waras sepenuhnya untuk langsung lanjut mengerjakan skrispi. Setidaknya hidupku mulai normal dan aku bisa menikmati lagi momen-momen sederhana yang sempat hilang beberapa waktu terakhir. Segitu dulu untuk hari pertama, semoga hari kedua bisa lebih seru dan lebih asik lagi. Sampai jumpa besok! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Kehidupan (1)

Dedek Gede