30 Day Be More Positive Challenge – Day 1


Dua hari yang lalu aku ngobrol asik ngalor ngidul sama teman satu rumah. Kita diskusi dan sharing banyak hal saat itu hingga sampai pada suatu pembicaraan dimana temanku bilang kalau aku terlalu banyak berpikiran negatif. Dari pembicaraan itu akhirnya aku mencoba berpikiran positif dengan melakukan 30 DAY CHALLENGE : Be More Positive Challenge. Yeay!

Tantangan ini sudah aku mulai sejak kemarin. Tantangan di hari pertama yaitu “for every worst case scenario you think of, imagine the best thing that could happen.”  Aku pikir ini gampang lah ya untuk dilakukan, tapi ternyata ini awalnya bikin sakit kepala. Serius. Ternyata tanpa aku sadari, selama ini aku banyak banget berpikiran negatif. Belum apa-apa aku sudah membayangkan hal negatif yang terjadi bahkan untuk hal-hal sederhana. Semacam rencana pompa ban di ujung jalan yang bisa gak jadi dilakukan karena aku pikir “ah paling juga tutup” padahal dilihat aja belum.

Untuk orang yang banyak berpikiran negatif, tantangan pertama ini awalnya memang bikin sakit kepala. Terjadi pertentangan yang hebat dalam kepala kita saat mencoba berpikiran positif. Lebay sih, tapi itu yang aku alami. Aku jadi butuh usaha yang lebih untuk melawan setiap pikiran negatif yang banyak banget muncul di kepala karena tanpa disadari berpikir negatif ini sudah menjadi kebiasaan.

Dampak dari apa yang aku lakukan di hari pertama ternyata cukup berarti. Awalnya aku pikir tantangan di hari pertama ini gak terlalu ngefek, apalagi baru satu tantangan. Ternyata aku salah. Tantangan ini memberi harapan-harapan baru saat aku memandang hidupku ke depan. Selama ini aku selalu takut akan apa yang aku hadapi di masa depan. Pada kasusku, ketakutan yang aku alami tidak memicu aku untuk berusaha lebih baik saat ini, tetapi justru sebaliknya. Aku menjadi lebih down dan selalu beranggapan bahwa apa yang akan aku lakukan atau aku rencanakan untuk berubah menjadi lebih baik tidak akan berhasil. Aku tidak memiliki semangat dalam menghadapi hari-hari hingga waktu terlewati begitu saja dan aku masih berada di titik yang sama.

Tantangan pertama ini membuat aku optimis dalam menjalani hidup. Aku menjadi lebih semangat, lebih rileks, dan lebih bahagia. Tidak ada kekhawatiran yang tak perlu untuk setiap hal yang belum terjadi. Aku juga jadi ingat bahwa kita tidak bisa melakukan suatu hal besar begitu saja. Kita tidak bisa langsung berhasil begitu saja ketika melakukan sesuatu. Semuanya harus diawali dari hal-hal kecil dan kegagalan-kegagalan yang harus dilewati. Dan itu normal terjadi di usia berapapun kamu. Tidak perlu takut dengan usiamu yang sudah melewati kepala dua puluh. Hehe. Lalu hal lain yang terjadi, aku jadi lebih bersyukur atas apa yang aku punya. Dan itu menyenangkan.



Sumber gambar: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Kehidupan (1)

Dedek Gede