Monumen Pers itu Tugu ?



            Sudah pernah berkunjung ke Monumen Pers? Mendengar kata “Monumen Pers” ini membuat saya membayangkan itu adalah semacam tugu peringatan seperti Tugu di Yogyakarta di daerah Malioboro. Ternyata Monumen Pers ini juga merupakan museum, bukan hanya sebagai tempat peringatan belaka. Banyak sekali koleksi bersejarah yang dapat dilihat terkait dengan perkembangan pers terutama di Indonesia. Mulai dari peralatan jurnalistik, seragam, dan tak lupa pula media-media seperti surat kabar dan majalah-majalah lama. Tak hanya itu, Monumen Pers juga menyediakan perpustakaan dan menjadi sumber referensi yang tepat bagi para pelajar. Ini dikarenakan Monumen Pers menyimpan segala surat kabar dan majalah dari berbagai penjuru Nusantara dari tahun terbit yang sudah sangat lama hingga surat kabar dan majalah terkini.



            Kemudahan juga diberikan bagi pengunjung dengan disediakannya akses internet dan surat kabar serta majalah dalam bentuk digital sehingga memudahkan pencarian dan mencegah kerusakan-kerusakan yang dapat terjadi.




 Di depan Monumen Pers ini saya tertarik dengan salah satu mobil milik Kemkominfo yang merupakan mobil pembelajaran mengenai internet dan dapat digunakan masyarakat luas di Solo.
          

            Hadirnya Monumen Pers ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Salah satu contoh kecil adalah adanya surat kabar yang dapat dibaca oleh semua orang lewat surat kabar yang di pajang di majalah dinding di depan Monumen Pers. Monumen Pers ini sangat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai tempat peringatan, pembelajaran, dan peningkatan kualitas masyarakat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mandau

tatap hidupku