Intip Lokananta


            Ada yang tau Lokananta itu apa? Jika belum, maka saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya berkunjung ke tempat bernama Lokananta. Lokananta adalah studio rekaman pertama yang dimiliki Indonesia dan menjadi yang terbaik menurut saya dari seluruh studio rekaman yang ada di Indonesia. Selain penuh dengan sejarah, Lokananta ini juga memiliki banyak keunggulan terutama di bidang rekaman.
            
            Lokananta didirikan di Solo, Jawa Tengah oleh Bapak Soekarno dan Utoyo dengan tujuan untuk mempersatukan kesenian dan kebudayaan bangsa yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Lokananta ini juga merupakan pabrik piringan hitam pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sayangnya, sekarang sudah tidak memproduksi lagi. Padahal saya pengen banget bikin satu, hehe. Lokananta ini dalam perkembangan dunia rekaman, aktif mengikuti zamannya. Bermula dari piringan hitam, kemudian beralih ke kaset, VCD, hingga sekarang mencoba merambah media baru yakni internet, salah satunya adalah rencana mempromosikan lagu melalui iTunes.

            Lokananta dalam kehebatannya untuk bertahan dan terus bergerak bukan tanpa usaha dan kerja keras. Terseok-seok Lokananta berusaha mempertahankan eksistensinya di Tanah Air dengan berbagai cara. Ekonomi menjadi salah satu masalah terbesar bagi Lokananta semenjak Dinas Penerangan dibubarkan dan otomatis menghilangkan tempat bernaung bagi Lokananta. Sangat kurangnya perawatan infrastruktur menjadi salah satu akibat dari masalah ekonomi hingga akhirnya beberapa koleksi terpaksa dijual demi bertahan hidup. Redupnya gaung Lokananta pun terjadi. Aktivitas yang terhenti akibat ekonomi juga ditambah dengan menurunnya minat rakyat terhadap Lokananta sehingga banyak sekali yang tidak paham soal perusahaan rekaman satu ini, termasuk saya.

            Mengelilingi lokananta dijamin tak akan bosan dan tak akan terhenti untuk takjub. Saya dan kawan-kawan banyak sekali mengagumi barang-barang lama yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini. Contohnya AC ini yang ada sejak masa-masa awal Lokananta berdiri.



            Oya, sekedar informasi kalau di Lokananta juga ada lapangan futsal. Mungkin kalau dirombak sedikit bisa menjadi salah satu tempat nongkrong yang asik bagi anak-anak muda sekaligus dapat meningkatkan interaksi antara anak bangsa dan Lokanta.



            Kini Lokananta mulai semangat untuk bangkit kembali. Hadirnya sahabat Lokananta dan kepedulian artis-artis Indonesia, contohnya Glenn Fredly memberikan hembusan segar bagi Lokananta untuk mulai bangun dengan lebih gigih. Banyak sekali hal-hal keren yang bisa kamu dapati jika berkunjung kesini. Mulai dari aura klasik, musiknya yang mengangkat jari-jari untuk terus bergoyang hingga kata-kata wow bagi studionya yang keren dan peralatan rekaman kelas atas. Mau punya kenangan di studio rekaman satu ini? Jangan hanya foto yang kamu ambil jika berkunjung kesana. Belilah satu atau dua VCD sebagai kenangan sekaligus melestarikan eksistensi Lokananta. Selamat merencanakan kunjungan kawan.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mandau

tatap hidupku